Superheroes Tidbits

Tuesday, May 13, 2008

Analisa singkat hubungan antara perekonomian para superheroes dengan tiny tidbits about them.




Oh iya, saya mah nggak ngefans2 banget ama superhero2 amerika, jadi kalo ada kesalahan mohon diralat dng fasilitas comment, ntar saya updet. Sample dibatasi pada Superman, Batman, Spiderman dan Iron Man

1. Real Identity Exposure
Sejauh ini yg saya tau mau membuka real identitynya ke khalayak adalah Tony Stark as Iron Man (yeeah.. itu juga krn baru nonton filmnya). Lainnya, sperti Superman, Batman, Spiderman, Flash, kok kayaknya nggak.
Analisa: hal ini berkaitan erat dengan perekonomian dan kepribadian manusia super itu sendiri. Tony Stark, dia kaya raya, flamboyan. Dan diungkapkanlah identitasnya didepan pers, mungkin karena dia nggak perlu menyembunyikan identitas untuk cari duit, juga untuk memuaskan ego nya.
Clark Kent dan Peter Parker adalah karyawan biasa, dan kebanyakan hidup dng lebih dikenal orang lain sebagai org yang cukup nerdy, dorky. Jelas2 menghindari terbukanya identitasnya, karena masih perlu mencari uang utk hidup. I'm not sure whether those superheroes need to eat anyway, tapi paling nggak itu untuk bayar tagihan2.
Tetapi Bruce Wayne, walaupun kaya raya tidak mau membuka identitasnya, mungkin krn kepribadiannya cukup tertutup walaupun untuk konsumsi publik ia memamerkan kepribadian flamboyan.

2. Sumber Kekuatan
Ada dua jenis, kekuatan dari dalam dan kekuatan buatan. Kecenderungannya, superhero berekonomi menengah memiliki kekuatan dari dalam baik karena pengaruh luar (seperti digigit laba2) atau karena memang bawaan orok seperti superman.
Sedang superhero yang makmur "menciptakan" kekuatannya. Menciptakan yang dimaksud disini adalah dengan bantuan alat2 mekanis dan tentunya harus didukung resource tak terbatas, seperti pada Batman dan Ironman.

3. Ceweknya
Kebanyakan superhero jatuh cinta pada orang yang sudah dekat dengannya dikehidupan sehari2, dengan alasan klise mereka adalah orang2 yang dapat menerima diri superheroes itu apa adanya. Seperti di dunia nyata, disini perekonomian kurang berperan penting. Cinta gituloh..

4. Kostum
Superhero yang hidup dari gaji sebagai karyawan memutuskan memakai kostumnya dirangkap dengan pakaian ngantornya. Kenapa? Ya karena keadaan emergency kan bisa sewaktu2, mungkin waktu mereka lagi meeting etc, jadi ga usah repot2 pulang kerumah ganti kostum. (catatan dikit yg OOT: superhero yg tidak merangkap bajunya dan ditunjukkan proses ganti bajunya setau saya adalah Special Guards of Duckleon (created by CLAMP) .. mereka ganti baju di semak2, dan meninggalkan baju aslinya terlipat rapi. Eh ada juga Angel Pair (created by Ringo Hijiri) yang ditunjukkan pake topengnya segala).
Sedang superhero kaya, mereka punya markas khusus dimana disitu disimpan kostum dan gadgetnya.

5. Senjata
Superhero kaya mempunyai senjata bermacam2, karena kekuatan mereka bikinan sendiri. Kekuatan fisik mereka diperoleh dari latihan fisik tapi bukan berarti super. Masih butuh senjata untuk melawan musuh. Sedang superhero biasa tidak pake senjata macem2, krn kekuatan mereka sudah built in.

5 comments:

zZet said...

Ooo Tony Parker-nya San Antonio Spurs itu superhero toh..

Pantes bisa juara NBA... :D

andinobita said...

bagus ! mestinya disertasi ini bisa disajikan di ComicCon Expo ...

oh iya, penyebab lain kenapa hanya superhero yang bener bener "super" yang berani pake baju rangkep rangkep .. karena mereka bebas dari penyakit penyakit dasar seperti berengen, keringet buntet atau burket yang umumnya muncul karena pake pakaian ketat dalam waktu lama dan berlapis lapis .. soalnya .. super gituloh ..

Fifa said...

Sudah diralat pak hehehehe

Anonymous said...

wah menarik sekali nih, bole jg dilanjutin ama versi 'villains'-nya, apa penjahat2 itu juga terhimpit desakan ekonomi ya dan apa ada yg kaya raya

Mohammad Helman Taofani said...

Wakakaka...tadinya Tony Parker yak? Alter ego-nya Iron-Spider. Ability: maen basket. Hehehe..

Sampel kurang mewakili populasi nih, karena ada satu polarisasi yang terlalu mirip. Iron Man adalah Batman-nya Marvel.

Fantastic Four mungkin anomali. Si Johnny Storm ngga tajir tapi emang pengen ngetop. Si Reed Richards juga pengen ngetop, dan dulu juga karyawan doank di laborat. Tapi mereka reveal identitiy, dan kekuatan mereka dari sinar kosmik, bukan bikin sendiri.

Nah...:D