Rahasia Meede - ES Ito

Thursday, September 25, 2008

Buku ini, kalo dipromo-in lebih luas lagi, pasti bisa menyamai atau bahkan melebihi hypenya Laskar Pelangi. Bener2 aku puas baca yg ini, ga spt Negara Kelima yg endingnya terburu2.


Untuk ceritanya nggak aku ulas disini, krn nanti malah mematikan minatmu buat membacanya hehehe.. aku cuma ingin berbagi gimana perasaanku setelah membaca ini.


Baca buku ini, kamu bakalan mendapati beragam pandang memandang. misal, pandangan orang belanda terhadap kepribadian org indonesia/pribumi, dan sebaliknya. pandangan orang anarkis terhadap orang pemerintah, dan sebaliknya.


Baca buku ini, kamu bakalan mendapat cerita sejarah VOC yang amat detail, lengkap, dan tentu saja lebih entertaining drpd baca buku sejarah sekolah.


Baca buku ini, kamu bakalan merasa rasa nasionalisme-mu tergugah, kamu bakalan merasa malu, resah, kamu bakalan merasa gemas dengan bangsamu.


Baca buku ini, kamu bakalan terus membaca, terseret arus misteri, seluk beluk intelejen, anarki, dan kaget dng akhir yang tak terduga (sedikit spoiler, endingnya is not quite a happy one, yg bikin novel ini makin nggigit). Untuk saya yg ibu rumah tangga dan sibuk ngurus anak sehingga waktu buat membaca buku tinggal sedikit, melalap buku ini dalam 3 hari 2 malam itu cukup bagus lho.


Buat aku pribadi, baca buku ini bikin aku pengen melancong ke Banda. Juga bikin aku ngakak membaca deskripsi ttg kebiasaan siswa SMA Taruna Nusantara (yg dulu jaman saya, itu SMA paling TOB seIndonesia) yg ternyata biasa menyurati para gadis sampul dari majalah perawan.


Untuk pembaca yg awam sejarah, novel ini bisa amat sangat menarik, intriguing, bikin penasaran, menebak2, sampai mana sih batasan fakta dan fiksinya?


Aku berharap, novel ini suatu saat diterbitkan di luar negeri, supaya Indonesia terkenal juga dng pengarang seperti dan brown (yg imho aga2 overrated? dan brown tuh boring, suka pake pola berulang. Semoga ES Ito nggak gitu)

Aku berharap juga sih, ada yg tertarik mau memfilmkan novel ini. Asal jangan para punjabi itu yg bikin, nanti jadi kayak sinetron.


Ayo baca Ayo baca Ayo baca !

5 comments:

Helman Taofani said...

Eh, pinjem donk mBa...

try said...

siiipp...ntar mo baca ah!

iNa said...

Wah keren tuh kayanya..
tfs..

Astri said...

Udah baca... juga ngerasa buku ini asyik dan beda ama buku2 lain yang beredar saat ini.
Meskipungak seheboh LP kayaknya buku ini punya segmen penggemarnya sendiri

idegila said...

wah jadi kepengen bacaaa