12 things to expect when you're expecting

Saturday, July 26, 2008

Hai, ini sebenernya cuma berdasarkan pengalamanku sih (ciyeeehhh)... mumpung ada yg tanya jadi sekalian dibikin:

1. Kulit perut melar, kadang sampai kelihatan tipis banget. kalo udah gini rentan stretchmarks. Makanya, sejak awal, harus rajin diolesin body cream atau lotion anti stretchmark tiap habis mandi dan minum vit E. Bahkan ada yg menyarankan diolesi dng cairan vit. e dari kapsul vit e, pada bagian perut sampai paha.

2. Dada yang semakin "besar"... huehehehe asik banget nih :D Dada semakin berisi, mempersiapkan kelenjar2 susu untuk memproduksi ASI. Ada bbrp orang yg pada bulan ke 7 kehamilan sudah dapat memproduksi ASI. Hal ini baik2 saja sih. Hal yang perlu dilakukan supaya produksi ASI lancar: pijat/massage payudara, membersihkan puting payudara dan makan makanan bergizi. Daun katuk dipercaya dapat melancarkan ASI, jadi bisa dimasak menjadi sayur, urap2 dll. Penting juga untuk berdiskusi dng dokter mengenai IMD (Inisiasi Menyusui Dini), supaya lebih mudah untuk menyusui.

3. Rambut, kuku yang bersinar sehat, hal ini disebabkan hormon. Saat2 kehamilan biasanya menjadikan rambut lebat, karena hormon mampu menahan rambut yang seharusnya rontok tetap berada ditempatnya. Sehingga akibatnya saat usai melahirkan, rambut rontok lebih banyak, tak perlu khawatir, karena rambut rontok itu adalah rambut yg seharusnya rontok berbulan2 yang lalu.

4. Kaki yang bengkak. Hal ini bisa disebabkan tingginya tekanan darah (segera periksa ke dokter !) atau cairan tubuh yang tertahan di kaki. Bila karena sebab terakhir tadi, istirahatkan kaki dengan berbaring dan letakkan kaki diatas tumpukan bantal (3-4 bantal). Boleh juga direndam dng air hangat.

5. Susah BAB. Tidak semuanya sih, pada bbrp orang malah jadi lancar BAB (krn vitamin2). kalo susah coba banyakin minum dan makan sayur

6. Wasir. sebagai akibat dari no 5. Bisa juga karena tekanan pada tubuh bagian bawah bertambah. jadi sebisa mungkin jangan sering jongkok2 yaa...

7. Perasaan khawatir/was2 bahwa anak yg akan dilahirkan bermasalah. Wah hal ini sih bukan kita yg ngatur, tapi Tuhan. Namun kita bisa kok membantu. Setidaknya perhatikan asupan gizi dan vitamin/mineral, jangan minum obat sembarangan, rutin kontrol ke dokter, dan berdoa supaya anak lahir sehat dan selamat :D

8. Perasaan khawatir tidak bisa mencintai anak. Percaya deh, pasti kamu akan jatuh cinta saat melihat bayi mungil yg dibungkus kain selimut. Kalopun nggak, dng menyusui, mengurus, menidurkannya, lama kelamaan rasa itu akan muncul.

9. Perasaan khawatir tidak bisa jadi ibu yg baik. Semua ibu baru mempunyai perasaan begitu, tapi nyante aja, namanya juga baru belajar. Lama2 akan bisa kok. Dan ibu yg paling baik untuk bayimu adalah KAMU !! Kalau untuk urusan teknis belum bisa/biasa, belajarlah.. mungkin bisa minta bantuan ibu/suster, perhatikan cara mereka menangani bayi. Tapi ingat, jangan terlalu peduli omongan/komentar orang lain (termasuk ibumu, kakakmu, mertuamu etc) bahwa caramu mengasuh kurang baik atau apalah krn tidak sama seperti cara mereka. Ingat setiap anak adalah unik. Dan yg paling mengerti adalah ibunya.

10. Kesulitan saat menyusui. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, antaralain karena kurang lancarnya ASI, keadaan emosi ibu, atau keadaan si bayi.
Untuk mengatasi kurang lancarnya ASI bisa dng mempersiapkan payudara sejak masih hamil (massage), dikompres panas dingin sebelum menyusui, juga membersihkan puting. Oh iya, makan juga harus lebih banyak, juga banyak minum.
Untuk emosi, kadang karena kurang percaya diri bisa menyebabkan terhambatnya produksi ASI. Tetaplah percaya, bentuk mindset bahwa ASI akan keluar, bila tidak hari ini mungkin besok. Coba dan coba terus. Semakin sering payudara mendapatkan rangsang dari mulut bayi, ASI akan semakin banyak diproduksi. Jadi, walaupun belum keluar, tetaplah rutin menyusui, sekaligus melatih bayi untuk menghisap. Dorongan dari suami dan orang terdekat juga penting. Suami bisa membantu dengan membantu menyediakan tempat menyusui, atau mengambilkan minum untuk si ibu, atau mengelus2 punggung ibu, atau ikut bangun saat tengah malam sekedar mengipasi, pokoknya supaya si ibu nyaman dan merasa dicintai. Saat kita merasa bahagia, akan mengeluarkan hormon oxitocyn yg akan meningkatkan produksi ASI.
Untuk keadaan bayi, kita harus jeli melihat, kapan bayi haus, apakah posisi badan dan kepala bayi sudah tepat saat disusui. Kebanyakan pada awalnya bayi sering tertidur saat disusui (bahkan saat baru mulai disusui), berikan sedikit sentuhan pada pipi/sebelah mulutnya, krn otomatis mulut akan menghisap. Bila tidak darurat jangan sering memberikan susu dalam dot karena menyebabkan nipple confusion / bingung puting. Menghisap dot lebih mudah daripada menghisap puting, kebanyakan bayi lebih suka menghisap dot sehingga menolak bila diberikan puting. Hal ini bisa mengacaukan tahapan ASI ekslusif bayi, yang sangat merugikan bayi karena dalam ASI terdapat enzim2, zat2 yg berguna bagi kekebalan tubuh.


11: Baby Blues. Perasaan pada ibu, seolah2 dirinya jadi tidak berharga, tidak berguna, merasa sedih berlarut2, kosong, dsb, pokoknya emosi negatif semua. Cepat sadari bahwa ini adalah sindrom yg umum terjadi pada ibu2 baru (bisa muncul setelah melahirkan ataupun baru setelah beberapa minggu setelah melahirkan). Banyaklah sharing dengan ibu2 lain (melalui internet atau sekedar curhat dng teman), dan jangan melupakan bahwa dirimu sebagai ibu baru juga butuh istirahat, atau sekedar relaks sebentar melakukan hal yg disukai.


12. Berkurangnya waktu tidur. Gimana nggak, waktu malam si bayi bangun, waktu pagi-siang si bayi tidur. Cobalah untuk ikut tidur saat bayi tidur, jadi kamu punya energi cukup untuk begadang. Mungkin bisa giliran jaga dng suami sebentar sementara kamu tidur.


Moga2 tips2 diatas cukup berguna, walopun nggak ilmiah banget (krn aku gak sempet mengutip satu2 kata ahli ini lah, dari buku itu lah..). Yang terpenting, nikmati saja masa2 ini, tidak akan terulang lagi sih.. (kecuali akan punya anak lagi hehehe)

3 comments:

Qorianiesme said...

ntar aja deh,saya suruh istri saya yg mengamalkan tulisan diatas.

idegila said...

sip de infonyaaa

andinobita said...

Sayang poin nomer dua bersifat semi-permanen ..